Home > Pendidikan > RPP Kimia Laju Reaksi TAI

RPP Kimia Laju Reaksi TAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Mata Pelajaran            : Kimia

Pokok Bahasan           : Laju Reaksi

Sub Pokok Bahasan    : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Sekolah                       : SMA

Kelas/Semester            : XI (Dua) / I (Satu)

Alokasi Waktu            : 4×45 menit

 

Standar Kompetensi: 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar          : 3.1 Mendeskripsikan pengertian laju rekasi dengan melakukan    percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Indikator:

  • Ø Merancang percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • Melakukan praktikum dan pengamatan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
  • Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh dan katalis) melalui percobaan.
  • Menyimpulkan pengaruh konsentrasi, temperatur,luas permukaan bidang sentuh dan katalis terhadap  laju reaksi berdasarkan hasil pengamatan.
  • Menuliskan laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya

 

  1. I.          Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat merancang percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • Siswa dapat melakukan praktikum dan pengamatan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
  • Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh dan katalis) melalui percobaan.
  • Siswa dapat menyimpulkan pengaruh konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh, dan katalis terhadap laju reaksi berdasarkan pengamatan.
  • Siswa dapat menuliskan laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya.

 

             I.            Materi Pembelajaran:

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

 

          II.            Metode Pembelajaran:

a.  Diskusi kelas

  1. Tanya jawab
  2. Melakukan praktikum

 

       III.            Strategi Pembelajaran:

Cooperatif Learning model TAI

       IV.            Langkah-langkah pembelajaran

 

Kegiatan Guru Alokasi waktu (menit)
  1. Kegiatan Awal
  • Guru memberi salam.
  • Guru menyampaikan topik pembelajaran. 

G: ”Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

G: ” Kalian pernah menggoreng tempe di rumah? Kira-kira kenapa, ya, ibu kita memotong-motong tempe itu agak tipis? Apa…supaya lebih hemat minyak goreng, atau ada alasan lainnya?”

G:”Nah, anak-anak… peristiwa tersebut erat kitannya dengan laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi laju reaksi, kita hari ini akan mengadakan praktikum”

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    • Guru  menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu diskusi kelas, tanya jawab dan melakukan percobaan.
    • Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok.
10
  1. Kegiatan Inti
  • Guru memberikan pretes
  • Guru membagikan LKS pada setiap siswa sebagai media pembelajaran.
  • Belajar Kelompok
    • Guru menyiapkan berbagai alat dan bahan dan meminta siswa untuk melakukan percobaan sesuai dengan LKS ( akan tetapi siswa dengan kelompoknya masing- masing mengurutkan langkah- langkah percobaan terlebih dahulu sebelum melakukan percobaan )
    • Guru meminta setiap siswa bekerja, memahami dan mengerjakan LKS dengan mengisi dan menjawab pertanya secara individu.

 

  • Menyiapkan hasil diskusi
    • Guru meminta hasil kerja mandiri siswa didiskusikan ke dalam kelompoknya masing-masing untuk disiapkan sebagai presentasi terhadap kelompok lain.
    • Mengkomunikasikan hasil kerja kelompok
      • Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memberikan pertanyaan dan sanggahan.
      • Pembuatan rangkuman
        • Guru meminta setiap siswa untuk menuliskan rangkuman hasil pembelajaran ( rangkuman berdasarkan hasil diskusi kelompok)

 

 15

60

30

35

15

  1. Kegiatan Akhir
  • G: ”Siapa yang mau mencoba menyimpulkan pembelajaran kita hari ini?” 
  • Sebelum mengakhiri pelajaran, guru menyampaikan bab yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. 

G:”Untuk pertemuan berikutnya kita akan mempelajari dan mendiskusikan teori tumbukan . Teori inilah yang akan menjelaskan kenapa luas permukaan, konentrasi, temperatur dan katalis dapat mempengaruhi laju reaksi yang kalian pelajari hari ini.

G: ”Anak-anak, persiapkan diri kalian, pelajari baik-baik materi yang akan kita diskusikan nanti”

  • Guru mengakhiri pelajaran 

G:”Baik, pelajaran hari ini Ibu cukupkan sekian.”

  • Guru memberi salam. 

 

15

 

  1. Sumber Belajar
  1. Buku kimia kelas XI semester 1
  2. Bahan ajar
  3. LKS
  4. Alat : tabung reaksi, pipet tetes, beaker glass, labu Erlenmeyer, stopwatch, set pemanas spiritus, termometer.
  5. Bahan : CaCO3 keping dan serbuk; HCl 2,0 M;1,0 M dan 0,5 M; Na2S2O3 0,5 M; H2O2 5%; NaCl 0.2 M.

 

  1. Evaluasi
  1. Pretes
  2. Presentasi dan diskusi
  3. Laporan  tugas dan praktikum

                                                                                         

 

SOAL PRETES

  1. Sebutkan dua faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang kamu ketahui? (skor 20)
  2. Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pereaksi terhadap laju reaksi pada percobaan kali ini, faktor/variabel apa yang diubah-ubah kondisi/keadaannya? (skor 20)

3.    Sebutkan tiga saja alat yang dipergunakan dalam percobaan tentang pengaruh temperatur terhadap laju reaksi? (skor 20)

4.    Lebih luas manakakah bidang sentuh antara zat padat serbuk dengan butiran kasar? (skor 20)

5.    Apa yang kamu ketahui tentang katalis?(20)

Total skor = 100

 

JAWABAN PRETES

 

1.         Konsentrasi/ luas permukaan bidang sentuh/ temperatur/ katalis

2.         Konsentrasi HCl, yakni 0.5; 1; dan 2 M.

3.         Lampu spiritus/termometer/gelas kimia/kertas bertanda silang

4.         Zat padat serbuk lebih luas bidang sentuhnya.

5.         Zat yang dapat mempercepat laju reaksi.

 

 

Lembar Kerja Siswa (LKS)

 

Percobaan 1

PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI

Tujuan             : Mengamati pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi

Alat dan Bahan           :

a.         Alat     :

  • Tabung reaksi 3 buah
  • Stopwatch

b.         Bahan  :

  • 3 gram serbuk kalsium karbonat
  • 10 ml larutan HCl 0,5 M; 1 M dan 2 M

Cara kerja:

  • Masukkan larutan HCl 0,5 M; 1 M dan 2 M masing-masing ke dalam tabung reaksi
  • Masukkan serbuk  kalsium karbonat ke dalam tabung reaksi masing-masing sebanyak 1 gram
  • Catat waktu reaksi mulai dari memasukkan serbuk kalsium  karbonat habis bereaksi dengan HCl

 

Lembar Data Pengamatan

CaCO3 Konsentrasi HCl Waktu (detik) Hasil pengamatan
Bentuk Massa
         
         
         

 

Percobaan 2

PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP LAJU REAKSI

Tujuan             : Mengamati pengaruh temperatur terhadap laju reaksi

Alat dan Bahan           :

a.         Alat:

  • 1 Set alat pemanas spiritus
  • Termometer
  • Gelas kimia
  • Kertas yang diberi tanda silang

b.         Bahan:

  • 60 ml larutan tiosianat (Na2S2O3) 0,5 M
  • 30 ml larutan HCl 2 M

Cara kerja:

  • Masukkan masing-masing larutan (Na2S2O3) 0,5 M ke dalam gelas kimia
  • Panaskan larutan (Na2S2O3) 0,5 M pada temperatur 27°C; 37° C dann 47°C
  • Letakkan diatas kertas yang telah diberi tanda silang
  • Masukkan 10 ml larutan HCl 2 M ke dalam gelas yang telah telah berisi  larutan (Na2S2O3) 0,5 M yang dipanaskan pada temperatur tertentu
  • Catat waktu reaksi mulai saat HCl 2 M dimasukkan ke dalam gelas kimia sampai tanda silang pada kertas tidak terlihat karena tertutupi oleh endapan belerang pada dasar gelas kimia.

 

Lembar Data Pengamatan

Volume Na2S2O3 0,5 M Volume HCl 2 M Temperatur (°C) Waktu (detik) Hasil pengamatan
         
         
         

 

Percobaan 3

PENGARUH LUAS PERMUKAAN TERHADAP LAJU REAKSI

Tujuan             : Mengamati pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi

Alat dan Bahan           :

a.         Alat     :

            3 buah tabung reaksi, stopwatch, neraca(timbangan)

b.         Bahan  :

  • 2 macam batu pualam (CaCO3) berbentuk serbuk dan kepingan.
  • 30 ml Larutan HCl 2 M         

Cara kerja:

  • Masukkan 2 macam  CaCO3 ke dalam tabung reaksi masing-masing sebanyak 1 gram
  • Masukkan larutan HCl 2 M masing-masing 10 ml ke dalam tabung reaksi.
  • Catat waktu reaksi mulai dari memasukkan serbuk CaCO3 habis bereaksi dengan HCl 2 M

 

Lembar Data Pengamatan

CaCO3 Volume HCl (M) Waktu (detik) Hasil pengamatan
Bentuk Massa
         
         

 

Percobaan 4

PENGARUH KATALIS TERHDAP LAJU REAKSI

Tujuan             : Mengamati pengaruh katalis terhadap laju reaksi

Alat dan Bahan           :

a.         Alat     :

  • Gelas erlenmeyer
  • Gelas ukur 50 ml
  • Pipet tetes
  • Tissu

b.         Bahan  :

  • Larutan H2SO4 5%
  • Larutan NaCl 0,1 M
  • Larutan FeCl3 0,1 M

Cara kerja        :

  • Masukkan ke dalam 2 gelas erlenmeyer masing-masing 50 ml Larutan H2SO4 5%. Amati kecepatan timbulnya gelembung gas pada kedua gelas tersebut dan catat waktunya.
  • Tambahkan 20 tetes Larutan NaCl 0,1 M ke gelas erlenmeyer  I dan 20 tetes larutan FeCl3 0,1 M ke dalam gelas erlenmeyer II. Bagaimana kecepatan timbulnya gelembung gas pada kedua gelas elenmeyer itu sekarang? Amati dan catat.

 

Lembar Data Pengamatan

Labu erlenmeyer Volume Pengamatan (gelembung gas)
H2SO4 5% NaCl 0,1 M FeCl3 0,1 M
I        
II        

 

 

TUGAS

 

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat!

  1. Berikanlah  contoh fakta dari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari!(minimal 2 contoh)

 

  1. Diketahui laju reaksi awal pada suhu 450C adalah 43 detik dan setiap kenaikan suhu 100C laju reaksi berlangsung dia kali lebih cepat dari semula. Tentukanlah waktu reaksi pada suhu 750C!

 

  1. Sebutkan jenis-jenis katalis berdasarkan fasanya dan contohnya masing-masing!(1)

 

4.    Asam kuat, seperti HCl 6 M dapat menyebabkan kulit kita terluka, sehingga kita harus berhati-hati jika bekerja dengan asam jenis ini. Sedangkan asam lemah, seperti CH3COOH 0,02 M tidak berpengaruh jika mengenai kulit kita. Mengapa demikian? Berikan penjelasan dari fakta tersebut!

      5.   Kebakaran hutan seringkali terjadi di Indonesia terutama pada musim kemarau. Apalagi jika disertai dengan angin kencang. Mengapa semak-semak lebih cepat terbakar bila  anginnya lebih kencang?

Format Penilaian/Evaluasi

 

FORMAT PENILAIAN LAPORAN TUGAS

NO NAMA SISWA INDIKATOR SKOR(1,2,3,4) BOBOT B x S
1 2 3 4
                 
                 
                 
                 
                 
                 

Skor: 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = sangat baik

Bobot: 1 = 15, 2 = 15, 3 = 30, 4 = 40

Keterangan:

Kriteria no.1 (Pengumpulan tepat waktu)

Skor Rubrik
4 Dikumpulkan pada tanggal dan waktu yang ditetapkan
3 Dikumpulkan pada tanggal yang sama tetapi tidak pada waktunya
2 Dikumpulkan tidak pada tanggal yang ditetapkan, lebih satu hari
1 Terlambat lebih dari 2 hari

 

Kriteria no.2 (Kesesuaian dengan tujuan)

Skor Rubrik
4 Sesuai dengan tujuan tugas yang diberikan
3 Sesuai dengan tujuan tugas tetapi ada sedikit bagian yang kurang tepat
2 Mengabaikan perintah dan tujuan
1 Tidak memperhatikan perintah dan tujuan tugas

 

Kriteria no.3 (Sistematika berpikir atau pemecahan masalah)

Skor Rubrik
4 Masalah diselesaikan secara sistematis, dirangkum dalam format yang mudah dibaca
3 Penyelesaian sistematis tetapi penyajian dalam format deskripsi
2 Kurang sistematis
1 Tidak sistematis

 

Kriteria no.4 (Hasil analisis dan pemecahan masalah)

Skor Rubrik
4 Hasil pembahasan benar, dibahasan sangat mendalam dan menyeluruh, dengan menampilkan ide dari penulis
3 Hasil pembahasan benar, pembahasan mendalam tetapi masih kurang lengkap dan tidak ada ide yang inovatif
2 Ada hasil bahasan tidak benar, pembahasan sangat dangkal dan tidak lengkap
1 Pembahasan salah dan tidak lengkap

 

 

FORMAT PENILAIAN DISKUSI

Kriteria Penilaian

No. Kriteria Bobot (B) Skor (S) *(1, 2, 3,4,5) B x S
1. Partisipasi anggota kelompok 20    
2. Pembagian tugas 25    
3 Interaksi dan argumentasi dalam membahas masalah 30    
4. Manajemen waktu 25    

Skor: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5= sangat baik

Rubrik:

Kriteria no. 1:

Skor Rubrik
4 Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi
3 Ada salah satu anggota kelompok yang tidak ikut berpartisipasi aktif dalam diskusi
2 Ada 2 orang anggota kelompok yang tidak berpartisipasi aktif dalam diskusi 
1 Hanya 1 orang yang berpartisipasi aktif dalam diskusi

 

Kriteria no. 2:

Skor Rubrik
4 Pembagian tugas merata
3 Ada 1 orang yang tidak ikut mengerjakan tugas
2 Ada 2 orang yang tidak ikut mengerjakan tugas
1 Hanya 1 orang yang mengerjakan tugas

 

Kriteria no.3:

Skor Rubrik
4 Semua anggota kelompok saling berinteraksi dan memberi argumennya
3 Semua anggota kelompok saling berinteraksi tetapi tidak semua memberikan argumen
2 Interaksi anggota kelompok kurang dan tidak semua anggota kelompok memberikan argumen
1 Tidak ada interaksi (bekerja sendiri-sendiri)

 

Kriteria no.4:

Skor Rubrik
4 Pengaturan waktu dan pelaksanaannya sesuai jadwal
3 Pengaturan waktu sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaannya tidak sesuai jadwal
2 Pengaturan waktu tidak sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaannya hampir sesuai jadwal
1 Pengaturan waktu dan pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal

 

 

FORMAT PRESENTASI HASIL DISKUSI

Kriteria Penilaian

No. Kriteria Bobot(B) Skor (S) *(1, 2, 3,4,5) B x S
1. Sistematika paparan 20    
2. Kemampuan menjawab pertanyaan 70    
3 Manajemen waktu 10    

Skor: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5= sangat baik

Rubrik:

Kriteria no.1:

Skor Rubrik
4 Dipaparkan dengan jelas dan rapi
3 Dipaparkan dengan jelas tetapi tidak rapi
2 Dipaparkan kurang jelas dan tidak rapi
1 Dipaparkan tidak jelas dan tidak rapi

 

Kriteria no.2:

Skor Rubrik
4 Semua pertanyaan dijawab dengan jelas dan tepat
3 Semua pertanyaan dijawab tetapi tidak jelas dan tepat
2 Ada satu pertanyaan yang dijawab tetapi jawabannya kurang jelas dan tepat
1 Hampir semua pertanyaan tidak dijawab

 

Kriteria no.3:

Skor Rubrik
4 Pengaturan waktu dan pelaksanaannya sesuai jadwal 
3 Pengaturan waktu sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaaannya tidak sesuai jadwal 
2 Pengaturan waktu tidak sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaannya hampir sesuai jadwal 
1 Pengaturan waktu dan pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal 

 

 

FORMAT PENILAIAN LAPORAN PRAKTIKUM

Kriteria Penilaian

No. Kriteria Bobot Skor *(1, 2, 3,4,5) B x S
1. Pengumpulan tepat waktu 15    
2. Kesesuaian dengan tujuan 15    
3 Sistematika berpikir atau pemecahan masalah 30    
4. Hasil analisis dan pembahasan 40    

Skor: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5= sangat baik

Rubrik:

Kriteria no. 1:

Skor Rubrik
4 Dikumpulkan pada tanggal dan waktu yang ditetapkan
3 Dikumpulkan pada tanggal yang sama tetapi tidak pada waktunya
2 Dikumpulkan tidak pada tanggal yang ditetapkan, lebih dari 1 hari
1 Terlambat lebih dari 2 hari

 

Kriteria no. 2:

Skor Rubrik
4 Sesuai dengan tujuan tugas yang diberikan
3 Sesuai dengan tujuan tugas tetapi ada sedikit bagian yang kurang tepat
2 Mengabaikan perintah dan tujuan
1 Tidak memperhatikan perintah dan tujuan tugas

 

Kriteria no.3:

Skor Rubrik
4 Masalah diselesaikan secara sistematis, dirangkum dalam format yang mudah di baca
3 Penyelesaian sistematis tetapi penyajian dalam format deskripsi
2 Kurang sistematis
1 Tidak sistematis

 

Kriteria no.4:

Skor Rubrik
4 Hasil pembahasan benar, dibahas sangat mendalam dan menyeluruh dengan menampilkan ide dari penulis
3 Hasil pembahasan benar, dibahas sangat mendalam tetapi masih kurang lengkap dan tidak ada ide yang inovatif
2 Ada hasil bahasan yang tidak benar, pembahasan sangat dangkal dan tidak lengkap
1 Pembahasan salah dan tidak lengkap

 

 

Categories: Pendidikan Tags: , , ,
  1. adhimaswijaya
    August 5, 2010 at 9:38 am

    nurcah semangad ya ngurus blognya,, harus tag sebanyak-banyaknya,, n diberi gambar ya tiap artikelnya biar tambah ok, dan terus beriklan, hehehe

    • nurcahyadi7
      August 5, 2010 at 4:13 pm

      Maksudnya, beriklan gimana mas? susah juga nulis orisinal ternyata, sehari satu 3 lmbr dah untung, harus banyak2 berlatih

  2. November 7, 2010 at 12:57 pm

    i like this blog,

    penjelasannya sangat lengkap 🙂

    • nurcahyadi7
      November 23, 2010 at 9:39 pm

      terima kasih, semoga bermanfaat

  1. No trackbacks yet.

Leave a reply to adhimaswijaya Cancel reply