RPP Kimia Laju Reaksi TAI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Kimia
Pokok Bahasan : Laju Reaksi
Sub Pokok Bahasan : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI (Dua) / I (Satu)
Alokasi Waktu : 4×45 menit
Standar Kompetensi: 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan pengertian laju rekasi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Indikator:
- Ø Merancang percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
- Melakukan praktikum dan pengamatan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
- Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh dan katalis) melalui percobaan.
- Menyimpulkan pengaruh konsentrasi, temperatur,luas permukaan bidang sentuh dan katalis terhadap laju reaksi berdasarkan hasil pengamatan.
- Menuliskan laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya
- I. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat merancang percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
- Siswa dapat melakukan praktikum dan pengamatan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
- Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh dan katalis) melalui percobaan.
- Siswa dapat menyimpulkan pengaruh konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh, dan katalis terhadap laju reaksi berdasarkan pengamatan.
- Siswa dapat menuliskan laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya.
I. Materi Pembelajaran:
Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
II. Metode Pembelajaran:
a. Diskusi kelas
- Tanya jawab
- Melakukan praktikum
III. Strategi Pembelajaran:
Cooperatif Learning model TAI
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Guru | Alokasi waktu (menit) |
G: ”Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. G: ” Kalian pernah menggoreng tempe di rumah? Kira-kira kenapa, ya, ibu kita memotong-motong tempe itu agak tipis? Apa…supaya lebih hemat minyak goreng, atau ada alasan lainnya?” G:”Nah, anak-anak… peristiwa tersebut erat kitannya dengan laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi laju reaksi, kita hari ini akan mengadakan praktikum”
|
10 |
|
15
60 30 35 15 |
G:”Untuk pertemuan berikutnya kita akan mempelajari dan mendiskusikan teori tumbukan . Teori inilah yang akan menjelaskan kenapa luas permukaan, konentrasi, temperatur dan katalis dapat mempengaruhi laju reaksi yang kalian pelajari hari ini. G: ”Anak-anak, persiapkan diri kalian, pelajari baik-baik materi yang akan kita diskusikan nanti”
G:”Baik, pelajaran hari ini Ibu cukupkan sekian.”
|
15 |
- Sumber Belajar
- Buku kimia kelas XI semester 1
- Bahan ajar
- LKS
- Alat : tabung reaksi, pipet tetes, beaker glass, labu Erlenmeyer, stopwatch, set pemanas spiritus, termometer.
- Bahan : CaCO3 keping dan serbuk; HCl 2,0 M;1,0 M dan 0,5 M; Na2S2O3 0,5 M; H2O2 5%; NaCl 0.2 M.
- Evaluasi
- Pretes
- Presentasi dan diskusi
- Laporan tugas dan praktikum
SOAL PRETES
- Sebutkan dua faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang kamu ketahui? (skor 20)
- Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pereaksi terhadap laju reaksi pada percobaan kali ini, faktor/variabel apa yang diubah-ubah kondisi/keadaannya? (skor 20)
3. Sebutkan tiga saja alat yang dipergunakan dalam percobaan tentang pengaruh temperatur terhadap laju reaksi? (skor 20)
4. Lebih luas manakakah bidang sentuh antara zat padat serbuk dengan butiran kasar? (skor 20)
5. Apa yang kamu ketahui tentang katalis?(20)
Total skor = 100
JAWABAN PRETES
1. Konsentrasi/ luas permukaan bidang sentuh/ temperatur/ katalis
2. Konsentrasi HCl, yakni 0.5; 1; dan 2 M.
3. Lampu spiritus/termometer/gelas kimia/kertas bertanda silang
4. Zat padat serbuk lebih luas bidang sentuhnya.
5. Zat yang dapat mempercepat laju reaksi.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Percobaan 1
PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI
Tujuan : Mengamati pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi
Alat dan Bahan :
a. Alat :
- Tabung reaksi 3 buah
- Stopwatch
b. Bahan :
- 3 gram serbuk kalsium karbonat
- 10 ml larutan HCl 0,5 M; 1 M dan 2 M
Cara kerja:
- Masukkan larutan HCl 0,5 M; 1 M dan 2 M masing-masing ke dalam tabung reaksi
- Masukkan serbuk kalsium karbonat ke dalam tabung reaksi masing-masing sebanyak 1 gram
- Catat waktu reaksi mulai dari memasukkan serbuk kalsium karbonat habis bereaksi dengan HCl
Lembar Data Pengamatan
CaCO3 | Konsentrasi HCl | Waktu (detik) | Hasil pengamatan | |
Bentuk | Massa | |||
Percobaan 2
PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP LAJU REAKSI
Tujuan : Mengamati pengaruh temperatur terhadap laju reaksi
Alat dan Bahan :
a. Alat:
- 1 Set alat pemanas spiritus
- Termometer
- Gelas kimia
- Kertas yang diberi tanda silang
b. Bahan:
- 60 ml larutan tiosianat (Na2S2O3) 0,5 M
- 30 ml larutan HCl 2 M
Cara kerja:
- Masukkan masing-masing larutan (Na2S2O3) 0,5 M ke dalam gelas kimia
- Panaskan larutan (Na2S2O3) 0,5 M pada temperatur 27°C; 37° C dann 47°C
- Letakkan diatas kertas yang telah diberi tanda silang
- Masukkan 10 ml larutan HCl 2 M ke dalam gelas yang telah telah berisi larutan (Na2S2O3) 0,5 M yang dipanaskan pada temperatur tertentu
- Catat waktu reaksi mulai saat HCl 2 M dimasukkan ke dalam gelas kimia sampai tanda silang pada kertas tidak terlihat karena tertutupi oleh endapan belerang pada dasar gelas kimia.
Lembar Data Pengamatan
Volume Na2S2O3 0,5 M | Volume HCl 2 M | Temperatur (°C) | Waktu (detik) | Hasil pengamatan |
Percobaan 3
PENGARUH LUAS PERMUKAAN TERHADAP LAJU REAKSI
Tujuan : Mengamati pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi
Alat dan Bahan :
a. Alat :
3 buah tabung reaksi, stopwatch, neraca(timbangan)
b. Bahan :
- 2 macam batu pualam (CaCO3) berbentuk serbuk dan kepingan.
- 30 ml Larutan HCl 2 M
Cara kerja:
- Masukkan 2 macam CaCO3 ke dalam tabung reaksi masing-masing sebanyak 1 gram
- Masukkan larutan HCl 2 M masing-masing 10 ml ke dalam tabung reaksi.
- Catat waktu reaksi mulai dari memasukkan serbuk CaCO3 habis bereaksi dengan HCl 2 M
Lembar Data Pengamatan
CaCO3 | Volume HCl (M) | Waktu (detik) | Hasil pengamatan | |
Bentuk | Massa | |||
Percobaan 4
PENGARUH KATALIS TERHDAP LAJU REAKSI
Tujuan : Mengamati pengaruh katalis terhadap laju reaksi
Alat dan Bahan :
a. Alat :
- Gelas erlenmeyer
- Gelas ukur 50 ml
- Pipet tetes
- Tissu
b. Bahan :
- Larutan H2SO4 5%
- Larutan NaCl 0,1 M
- Larutan FeCl3 0,1 M
Cara kerja :
- Masukkan ke dalam 2 gelas erlenmeyer masing-masing 50 ml Larutan H2SO4 5%. Amati kecepatan timbulnya gelembung gas pada kedua gelas tersebut dan catat waktunya.
- Tambahkan 20 tetes Larutan NaCl 0,1 M ke gelas erlenmeyer I dan 20 tetes larutan FeCl3 0,1 M ke dalam gelas erlenmeyer II. Bagaimana kecepatan timbulnya gelembung gas pada kedua gelas elenmeyer itu sekarang? Amati dan catat.
Lembar Data Pengamatan
Labu erlenmeyer | Volume | Pengamatan (gelembung gas) | ||
H2SO4 5% | NaCl 0,1 M | FeCl3 0,1 M | ||
I | ||||
II |
TUGAS
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat!
- Berikanlah contoh fakta dari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari!(minimal 2 contoh)
- Diketahui laju reaksi awal pada suhu 450C adalah 43 detik dan setiap kenaikan suhu 100C laju reaksi berlangsung dia kali lebih cepat dari semula. Tentukanlah waktu reaksi pada suhu 750C!
- Sebutkan jenis-jenis katalis berdasarkan fasanya dan contohnya masing-masing!(1)
4. Asam kuat, seperti HCl 6 M dapat menyebabkan kulit kita terluka, sehingga kita harus berhati-hati jika bekerja dengan asam jenis ini. Sedangkan asam lemah, seperti CH3COOH 0,02 M tidak berpengaruh jika mengenai kulit kita. Mengapa demikian? Berikan penjelasan dari fakta tersebut!
5. Kebakaran hutan seringkali terjadi di Indonesia terutama pada musim kemarau. Apalagi jika disertai dengan angin kencang. Mengapa semak-semak lebih cepat terbakar bila anginnya lebih kencang?
Format Penilaian/Evaluasi
FORMAT PENILAIAN LAPORAN TUGAS
NO | NAMA SISWA | INDIKATOR | SKOR(1,2,3,4) | BOBOT | B x S | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||
Skor: 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = sangat baik
Bobot: 1 = 15, 2 = 15, 3 = 30, 4 = 40
Keterangan:
Kriteria no.1 (Pengumpulan tepat waktu)
Skor | Rubrik |
4 | Dikumpulkan pada tanggal dan waktu yang ditetapkan |
3 | Dikumpulkan pada tanggal yang sama tetapi tidak pada waktunya |
2 | Dikumpulkan tidak pada tanggal yang ditetapkan, lebih satu hari |
1 | Terlambat lebih dari 2 hari |
Kriteria no.2 (Kesesuaian dengan tujuan)
Skor | Rubrik |
4 | Sesuai dengan tujuan tugas yang diberikan |
3 | Sesuai dengan tujuan tugas tetapi ada sedikit bagian yang kurang tepat |
2 | Mengabaikan perintah dan tujuan |
1 | Tidak memperhatikan perintah dan tujuan tugas |
Kriteria no.3 (Sistematika berpikir atau pemecahan masalah)
Skor | Rubrik |
4 | Masalah diselesaikan secara sistematis, dirangkum dalam format yang mudah dibaca |
3 | Penyelesaian sistematis tetapi penyajian dalam format deskripsi |
2 | Kurang sistematis |
1 | Tidak sistematis |
Kriteria no.4 (Hasil analisis dan pemecahan masalah)
Skor | Rubrik |
4 | Hasil pembahasan benar, dibahasan sangat mendalam dan menyeluruh, dengan menampilkan ide dari penulis |
3 | Hasil pembahasan benar, pembahasan mendalam tetapi masih kurang lengkap dan tidak ada ide yang inovatif |
2 | Ada hasil bahasan tidak benar, pembahasan sangat dangkal dan tidak lengkap |
1 | Pembahasan salah dan tidak lengkap |
FORMAT PENILAIAN DISKUSI
Kriteria Penilaian
No. | Kriteria | Bobot (B) | Skor (S) *(1, 2, 3,4,5) | B x S |
1. | Partisipasi anggota kelompok | 20 | ||
2. | Pembagian tugas | 25 | ||
3 | Interaksi dan argumentasi dalam membahas masalah | 30 | ||
4. | Manajemen waktu | 25 |
Skor: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5= sangat baik
Rubrik:
Kriteria no. 1:
Skor | Rubrik |
4 | Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi |
3 | Ada salah satu anggota kelompok yang tidak ikut berpartisipasi aktif dalam diskusi |
2 | Ada 2 orang anggota kelompok yang tidak berpartisipasi aktif dalam diskusi |
1 | Hanya 1 orang yang berpartisipasi aktif dalam diskusi |
Kriteria no. 2:
Skor | Rubrik |
4 | Pembagian tugas merata |
3 | Ada 1 orang yang tidak ikut mengerjakan tugas |
2 | Ada 2 orang yang tidak ikut mengerjakan tugas |
1 | Hanya 1 orang yang mengerjakan tugas |
Kriteria no.3:
Skor | Rubrik |
4 | Semua anggota kelompok saling berinteraksi dan memberi argumennya |
3 | Semua anggota kelompok saling berinteraksi tetapi tidak semua memberikan argumen |
2 | Interaksi anggota kelompok kurang dan tidak semua anggota kelompok memberikan argumen |
1 | Tidak ada interaksi (bekerja sendiri-sendiri) |
Kriteria no.4:
Skor | Rubrik |
4 | Pengaturan waktu dan pelaksanaannya sesuai jadwal |
3 | Pengaturan waktu sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaannya tidak sesuai jadwal |
2 | Pengaturan waktu tidak sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaannya hampir sesuai jadwal |
1 | Pengaturan waktu dan pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal |
FORMAT PRESENTASI HASIL DISKUSI
Kriteria Penilaian
No. | Kriteria | Bobot(B) | Skor (S) *(1, 2, 3,4,5) | B x S |
1. | Sistematika paparan | 20 | ||
2. | Kemampuan menjawab pertanyaan | 70 | ||
3 | Manajemen waktu | 10 |
Skor: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5= sangat baik
Rubrik:
Kriteria no.1:
Skor | Rubrik |
4 | Dipaparkan dengan jelas dan rapi |
3 | Dipaparkan dengan jelas tetapi tidak rapi |
2 | Dipaparkan kurang jelas dan tidak rapi |
1 | Dipaparkan tidak jelas dan tidak rapi |
Kriteria no.2:
Skor | Rubrik |
4 | Semua pertanyaan dijawab dengan jelas dan tepat |
3 | Semua pertanyaan dijawab tetapi tidak jelas dan tepat |
2 | Ada satu pertanyaan yang dijawab tetapi jawabannya kurang jelas dan tepat |
1 | Hampir semua pertanyaan tidak dijawab |
Kriteria no.3:
Skor | Rubrik |
4 | Pengaturan waktu dan pelaksanaannya sesuai jadwal |
3 | Pengaturan waktu sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaaannya tidak sesuai jadwal |
2 | Pengaturan waktu tidak sesuai dengan jadwal tetapi dalam pelaksanaannya hampir sesuai jadwal |
1 | Pengaturan waktu dan pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal |
FORMAT PENILAIAN LAPORAN PRAKTIKUM
Kriteria Penilaian
No. | Kriteria | Bobot | Skor *(1, 2, 3,4,5) | B x S |
1. | Pengumpulan tepat waktu | 15 | ||
2. | Kesesuaian dengan tujuan | 15 | ||
3 | Sistematika berpikir atau pemecahan masalah | 30 | ||
4. | Hasil analisis dan pembahasan | 40 |
Skor: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5= sangat baik
Rubrik:
Kriteria no. 1:
Skor | Rubrik |
4 | Dikumpulkan pada tanggal dan waktu yang ditetapkan |
3 | Dikumpulkan pada tanggal yang sama tetapi tidak pada waktunya |
2 | Dikumpulkan tidak pada tanggal yang ditetapkan, lebih dari 1 hari |
1 | Terlambat lebih dari 2 hari |
Kriteria no. 2:
Skor | Rubrik |
4 | Sesuai dengan tujuan tugas yang diberikan |
3 | Sesuai dengan tujuan tugas tetapi ada sedikit bagian yang kurang tepat |
2 | Mengabaikan perintah dan tujuan |
1 | Tidak memperhatikan perintah dan tujuan tugas |
Kriteria no.3:
Skor | Rubrik |
4 | Masalah diselesaikan secara sistematis, dirangkum dalam format yang mudah di baca |
3 | Penyelesaian sistematis tetapi penyajian dalam format deskripsi |
2 | Kurang sistematis |
1 | Tidak sistematis |
Kriteria no.4:
Skor | Rubrik |
4 | Hasil pembahasan benar, dibahas sangat mendalam dan menyeluruh dengan menampilkan ide dari penulis |
3 | Hasil pembahasan benar, dibahas sangat mendalam tetapi masih kurang lengkap dan tidak ada ide yang inovatif |
2 | Ada hasil bahasan yang tidak benar, pembahasan sangat dangkal dan tidak lengkap |
1 | Pembahasan salah dan tidak lengkap |
nurcah semangad ya ngurus blognya,, harus tag sebanyak-banyaknya,, n diberi gambar ya tiap artikelnya biar tambah ok, dan terus beriklan, hehehe
Maksudnya, beriklan gimana mas? susah juga nulis orisinal ternyata, sehari satu 3 lmbr dah untung, harus banyak2 berlatih
i like this blog,
penjelasannya sangat lengkap 🙂
terima kasih, semoga bermanfaat